Kenali Macam Macam Dokter Spesialis dalam Dunia Medis

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

preparing surgical operation

Dunia medis begitu luas sehingga dibutuhkan spesialisasi agar dokter bisa fokus menangani kondisi pasien dengan tindakan tepat. Berikut adalah macam-macam dokter spesialis beserta tugasnya yang penting untuk Anda ketahui.

Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam juga disebut dengan nama internis. Dokter internis memiliki tugas dalam diagnosis serta penanganan pasien yang memiliki beragam gangguan penyakit. Contoh penyakit yang ditangani dokter ini seperti diabetes, gangguan ginjal, gangguan pernapasan, serta hipertensi.

Spesialis Anak

Dokter yang memiliki spesialisasi penanganan pasien anak dikenal juga dengan nama pediatric. Rentang usia pasien yang masuk ke dalam kategori anak adalah 0 hingga 18 tahun. Spesialisasi ini akan fokus menangani berbagai jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh anak. Di tengah proses penanganan pasien, dokter pediatris juga bisa bekerja sama dengan dokter lainnya.

Spesialis Kandungan dan Ginekologi

Dokter kandungan dan ginekologi juga cukup populer di kalangan masyarakat terutama bagi kaum perempuan. Dokter ini memiliki bidang keahlian di dunia kehamilan, proses kelahiran, serta kesehatan reproduksi. Tidak hanya ibu hamil saja yang perlu mendatangi dokter kandungan namun juga pasien dengan masalah reproduksi. 

Spesialis Mata

Profesi dokter mata memegang tanggung jawab dalam menangani masalah kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan organ mata. Beragam jenis masalah mata mulai dari gangguan penglihatan, iritasi, hingga penyakit mata akibat usia bisa dikonsultasikan. Dokter mata bertugas melakukan diagnosis, memberikan konsultasi, hingga melakukan tindakan tertentu.

Spesialis THT

Berikutnya ada dokter dengan spesialisasi THT atau telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter dengan spesialisasi ini biasa juga dikenal dengan nama otolaringologis. Dokter THT memiliki cakupan tugas diagnosis hingga penanganan pasien dengan kondisi radang, infeksi telinga, hingga tumor.

Spesialis Bedah

Dokter spesialis bedah merupakan salah satu profesi dokter yang juga sangat dibutuhkan di dunia medis. Dokter bedah memiliki kompetensi di segala jenis bidang terkait prosedur bedah. Dokter dengan spesialisasi ini sangat identik dengan aktivitas operasi. Namun untuk kondisi tertentu, tindakan bedah juga membutuhkan ahli lain seperti ahli bedah onkologi yang khusus menangani bedah jaringan kanker.

Spesialis Kulit dan Kelamin

Kehadiran dokter kulit dan kelamin juga sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Dokter ini memiliki spesialisasi dalam penanganan masalah kulit serta kelamin baik pada kaum pria maupun wanita. Beberapa gangguan yang bisa dikonsultasikan pada dokter kulit di antaranya alergi kulit, infeksi jamur, kanker kulit, dan lain sebagainya.

Spesialis Saraf

Tenaga dokter yang memegang spesialisasi saraf disebut juga dengan nama neurologis. Tenaga dokter ini akan melakukan pemeriksaan dan penanganan pada pasien dengan gangguan sistem saraf. Beberapa jenis penyakit yang bisa ditangani seperti strok, kejang, hingga gangguan otot.

Spesialis Jantung

Berikutnya ada dokter yang khusus menangani beragam jenis penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Ia adalah dokter spesialis jantung yang sangat dibutuhkan kehadirannya mengingat angka penderita penyakit jantung di Indonesia cukup tinggi. Dokter dengan spesialisasi jantung akan bertugas melakukan diagnosis, memberikan pengobatan, hingga tindakan pertolongan pasien gangguan jantung.

Spesialis Bedah Orthopedi Umum

Dokter ortopedi adalah dokter menangani cedera dan penyakit pada sistem muskuloskeletal tubuh, antara lain tulang, sendi, tendon, otot, pembuluh darah, dan saraf. Cedera ini umumnya terjadi karena olahraga, kecelakaan, ataupun penyakit tertentu. Jadi dokter ortopedi tidak hanya menangani patah tulang saja, tetapi seluruh anggota gerak tubuh.

Spesialis Paru

Dokter spesialis paru memiliki tanggung jawab dalam penanganan pasien dengan penyakit paru-paru. Tenaga kesehatan ini memiliki lingkup keahlian pada organ paru-paru, gangguan yang sering menyerang organ ini, serta solusi untuk mengatasinya. Dokter paru berhak melakukan diagnosis, memberi pengobatan, serta melakukan tindakan saat dibutuhkan.

Rehabilitasi Medis

Dokter rehabilitasi medis (Sp.RM) adalah dokter spesialis yang berperan membantu memulihkan fungsi tubuh pasien yang mengalami gangguan atau kecacatan. Dengan bantuan dokter rehabilitasi medis, pasien diharapkan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Itulah tadi macam-macam dokter spesialis yang penting untuk dikenali. Kunjungi dokter dengan spesialisasi yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sumber:

lifepack.id

Alodokter.com

Liputan6.com

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2552364, (022) 2552373

  • Fax:(022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2021 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.