BAGAIMANA CARA MENGURANGI KERIPUT

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Screenshot 2018 3 1 Viva Health Artikel Kesehatan Bagaimana Cara Mengurangi Keriput

Tahukah anda bahwa mengurangi keriput dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti perubahan pola makan dan menjalani gaya hidup sehat.


Keriput dan garis halus umumnya muncul karena faktor pertambahan usia. Namun, keriput juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penurunan elastisitas kulit, paparan sinar matahari, dan faktor keturunan. Munculnya kerutan pada kulit dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Menghindari paparan sinar matahari
Matahari merupakan pemicu tertinggi terjadinya kerutan. Pada sebuah penelitian diketahui bahwa seseorang yang mendapatkan sedikit paparan sinar matahari akan memiliki keriput lebih sedikit dan terlihat lebih muda. Gunakan tabir surya jika akan berada dibawah paparan sinar matahari. Penggunaan tabir surya dapat membantu mencegah keriput dan kanker kulit.

Berhenti merokok
Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan enzim yang memproduksi kolagen dan elastin. Pada penelitian yang lain menyatakan bahwa seseorang yang merokok memiliki kulit lebih keriput dari pada yang tidak merokok.

Memiliki tidur yang cukup
Ketika tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tubuh akan memproduksi hormone kortisol yang dapat memecah sel kulit. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh memproduksi hormone pertumbuhan manusia sehingga membantu kulit lebih elastis dan cenderung tidak berkerut.

Menjaga kelembapan kulit
Kulit kering dapat menyebabkan keriput menjadi lebih terlihat. Kulit yang memiliki tingkat kelembapan baik dapat membantu mengurangi kerutan terutama pada dahi. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari dapat menjaga kelembapan kulit. Saat berolahraga atau berada dibawah paparan sinar matahari maka perlu mengkonsumsi air lebih banyak.

Mengkonsumsi makanan sehat
Penelitian menemukan bahwa asupan vitamin c dan asam linolenat dapat mengurangi terjadinya kulit kering. Vitamin C juga berperan untuk menurunkan resiko keriput. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat dapat meningkatkan terjadinya keriput.

Penggunaan kosmetik untuk mengatasi keriput
Kosmetik dapat membantu mengatasi keriput dan menyamarkan garis halus. Berikut beberapa produk kecantikan yang dapat membantu:

  • Retinol
    Retinol merupakan bentuk yang lebih ringan dari tretinoin. Tretinoin dapat membantu mengatasi jerawat dan keriput. Retinol dapat membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol tidak dapat digunakan dibawah sinar matahari sehingga sebaiknya digunakan pada malam hari.
  • Asam glikolat
    Asam glikolat merupakan asam alfa hidroksi yang digunakan untuk mengelupaskan kulit untuk menumbuhkan kulit yang lebih muda. Asam glikolat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap paparan matahari, sehingga perlu memakai tabir surya setelah penggunaan asam glikolat.
  • Vitamin C
    Vitamin C yang digunakan secara topikal atau dioleskan pada kulit dapat meningkatkan produksi kolagen, melindungi terhadap kerusakan sinar UV A dan UV B, memperbaiki masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang sedang bengkak. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahawa bentuk asam L-askorbat merupakan paling bagus untuk menghilangkan kerutan.
  • Idebenone
    Idebenone merupakan antioksidan yang kuat, dimana dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa penggunaan selama enam minggu dapat memberikan penurunan tingkat kekasaran, kekeringan kulit dan peningkatan kelembapan. Selain itu juga ditemukan penurunan garis dan keriput dan perbaikan secara keseluruhan pada kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Sumber:

  1. WebMD. (2008, 24 Februari). 23 Ways to Reduce Wrinkles. Diperoleh 23 Februari 2018 dari: https://www.webmd.com/beauty/features/23-ways-to-reduce-wrinkles#1
  2. Healthline. (2017, 11 Mei). How Can I Get Rid of Forehead Wrinkles. Diperoleh 23 Februari 2018 dari: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/forehead-wrinkles#lifestyle-changes

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132 / Kantor Yayasan : Jl. Ir. H Juanda No. 100, Desa/Kelurahan Lebak Gede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Provinisi Jawa Barat, Kode Pos : 40132

  • Telephone:(022) 2533783, (022) 2533704

  • Email: sekretariat@jpkmsuryasumirat.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2024 JPKM Surya Sumirat - Persekutuan dan Perkumpulan PERHIMPUNAN SANTO BORROMEUS