Mengapa Makanan Laut Bisa Menyebabkan Alergi?

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Alergi Makanan Laut 800x560Varian makanan laut seperti ikan, udang, atau pun kepiting selain memiliki kandungan gizi yang tinggi memang memiliki citarasa yang lezat untuk dikonsumsi. Namun, di sisi lain makanan laut merupakan salah satu kategori makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Alergi makanan laut pada umumnya disebabkan oleh makanan yang termasuk dalam golongan crustacean misalnya udang dan kepiting dan molluscs seperti kerang. Alergi makanan laut dan ikan lebih banyak dijumpai pada orang dewasa, dan bersifat seumur hidup yang tidak dapat hilang seiring bertambahnya usia1. Reaksi alergi terhadap makanan laut dan ikan dapat bervariasi mulai dari rasa mual, diare, kram perut, gangguan pernapasan, gatal dan bengkak, hingga anaphylaxis shock yakni reaksi alergi yang parah dan berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian2.

Alergi ikan, udang, dan makanan laut lainnya bersifat unik karena reaksi alergi tidak hanya dapat timbul karena konsumsi langsung, namun juga dapat timbul akibat menghirup asap dan uap yang dihasilkan saat memasak, terutama saat memanggang. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pemasakan, makanan laut dan ikan dapat melepaskan komponen protein dengan ukuran sangat kecil yang dikenal sebagai amines. Komponen ini dapat menyebabkan reaksi alergi di sistem pernapasan dan paru-paru. Selain itu, komponen penyebab alerginya juga seringkali menempel dan sulit dibersihkan dari peralatan memasak sehingga reaksi alergi dapat timbul melalui kontak dengan peralatan memasak2. Memiliki alergi makanan laut? Waspadalah saat makan di restoran seafood walaupun tidak memesan menu seafood.

Alergi terhadap makanan laut biasanya bersifat spesifik pada satu golongan tertentu yakni antara alergi ikan, alergi kerang, alergi udang dan hewan crustacean lainnya. Artinya, seseorang yang alergi ikan terhadap 1 golongan ikan dan makanan laut tertentu belum tentu mengalami alergi terhadap golongan makanan laut lainnya3. Misalnya, seseorang yang alergi udang belum tentu alergi ikan. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang alergi terhadap ikan tuna biasanya tidak mengalami alergi udang2. Namun, seseorang yang alergi terhadap satu jenis makanan laut pada satu golongan tertentu rentan mengalami alergi terhadap jenis makanan laut lain pada golongan yang sama4. Misalnya, seseorang yang alergi terhadap ikan tuna biasanya rentan mengalami alergi terhadap ikan lainnya.

References:
1. Food Allergy Research and Education (2013)
2. Allergy UK – British Allergy Foundation (2012)
3. Government of Canada (2012)
4. L’Association des Allergologues et Immunologues du Québec (2012)

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132 / Kantor Yayasan : Jl. Ir. H Juanda No. 100, Desa/Kelurahan Lebak Gede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Provinisi Jawa Barat, Kode Pos : 40132

  • Telephone:(022) 2533783, (022) 2533704

  • Email: sekretariat@jpkmsuryasumirat.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2024 JPKM Surya Sumirat - Persekutuan dan Perkumpulan PERHIMPUNAN SANTO BORROMEUS