8 CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

7d67579f-e494-4c6f-8235-dadbc54200ad_169.jpeg

Kesehatan ginjal sangat penting dijaga mengingat fungsinya yang begitu vital. Ginjal di antaranya memiliki fungsi membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh. Apabila ginjal sampai rusak dan terjadi komplikasi, maka penderitanya bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, gangguan elektrolit, sampai malnutrisi.

Bahkan, kondisi ginjal yang kurang baik bisa membuat seseorang harus menjalani cuci darah atau hemodialisis sampai 3 kali seminggu, termasuk konsumsi obat-obatan khusus. Parahnya, penyakit ginjal kronis ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Pada anak-anak, penyakit ginjal kronis bukan hanya bisa memengaruhi fisik mereka, melainkan juga sosial, emosi, termasuk prestasi belajar di sekolah. Merangkum Medical News Today dan Health Line, tersedia sejumlah cara menjaga kesehatan ginjal yang baik dipraktikan sedari dini untuk mencegah penyakit ginjal kronis. Berikut ini beberapa di antaranya:


1. Terapkan diet sehat dan seimbang

Setiap orang, terutama anak-anak dianjurkan untuk dapat menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk mencegah gizi lebih atau obesitas. Sepeti diketahui, obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) dan risiko diabetes yang merupakan dua penyebab utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa. Pola makan yang sehat dan seimbang dapat diterapkan dengan komposisi berikut:

- Karbohidrat kompleks dengan proporsi 50-60 persen

- Lemak dengan proporsi 25-35 persen

- Protein dengan proporsi sebesar 5-20 persen

- Serat dengan proporsi 15-25 persen

- Pemenuhan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral

 

2. Batasi konsumsi gula

Para ahli menyarankan agar siapa saja sebaiknya mewaspadai asupan gula karena bahan makanan manis ini bisa menjadi penyebab utama diabetes dan obesitas. Keduanya tidak baik untuk mendukung kesehatan ginjal. American Heart Association (AHA) merekomendasikan anak usia di bawah 2 tahun tidak dulu diberikan tambahan gula di dalam makanan atau minuman mereka. Sedangkan, pada anak usia 2-18 tahun, konsumsi gula sebaiknya tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) per hari. Sementara, pada pada orang dewasa, batas maksimal konsumsi gula adalah 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh per orang per hari.

 

3. Batasi konsumsi garam

Asupan garam yang tinggi dapat memicu penyakit hipertensi di masa depan. Hipertensi adalah salah satu penyebab utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa. Batas konsumsi garam yang direkomendasikan adalah 5 gram (2.000 mg natrium) per hari atau terara dengan 1 sendok teh untuk orang dewasa. Untuk usia anak apalagi bayi usia 6-12 bulan, garam yang diberikan harus lebih sedikit.

 

4. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih dalam jumlah yang benar akan membantu darah mengalir bebas ke ginjal dan seluruh tubuh. Secara umum anak di atas usia 8 tahun sudah direkomendasikan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari demi kesehatan.


5. Rutin berolahraga

Olahraga teratur sebanyak 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-60 menit per hari penting dilakukan untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal. Olahraga di ataranya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menurukan tekanan darah, mengontrol diabetes, dan menurunkan berat badan yang baik untuk kesehatan ginjal.


6. Jangan sembarang konsumsi obat dan suplemen

Terlalu banyak mengonsumsi obat dan suplemen tanpa pengawasan dokter dapat berbahaya untuk fungsi ginjal. Jadi, ketika ingin mengonsumsi suplemen atau obat, sebaiknya sempatkan diri untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau apoteker. Pada anak-anak maupun orang dewasa yang sudah mendapatkan asupan gizi seimbang dari makanan sebenarnya tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen atau multivitamin.


7. Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter

Pemeriksaan kesehatan secara rutin berguna bagi siapa saja untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan tubuh dan mengantisipasi sejak dini jika ada risiko penyakit ginjal. Untuk lebih diwaspadai, seseorang yang memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi, berisiko lebih besar untuk mengalami penyakit ginjal.


8. Hindari rokok Rokok

terbukti banyak membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Merokok juga diduga bisa memperburuk fungsi ginjal. Selain itu, merokok dapat menggandakan laju perburukan penyakit.


sumber : https://health.kompas.com/read/2020/10/08/060000068/8-cara-menjaga-kesehatan-ginjal-?page=all

Kontak Kami

  • Pemasaran:082118700765

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 101 Bandung 40132

  • Telephone:(022) 2552364, (022) 2552373

  • Fax:(022) 2533704

  • Email: jpkmsuryasumirat@gmail.com

Connect With Us

Facebook

Whatsapp

Instagram

 

©2021 JPKM Surya Sumirat. All Rights Reserved.